Tuesday, March 1, 2011

Sujud Tilawah

Sujud Tilawah adalah sujud yang dilakukan pada saat membaca / mendengar ayat sajdah pada saat membaca alquran. Terdapat dua kondisi dimana seseorang disunnatkan untuk melakukan sujud tilawah, yaitu ketika ia membaca ayat sajdah dan ketika mendengar seseorang membaca ayat sajdah.

Jika Seorang muslim mendengar dan atau membaca Ayat ayat sajdah maka disunatkan untuk bertakbir lalu sujud satu kali kemudian bertakbir lagi untuk bangun dari sujudnya akan tetapi tidak perlu membaca tasyahud ataupun salam seperti yang kita lakukan pada waktu shalat.


Keutamaan Sujud Tilawah 
Dari Abu Hurairah r.a Rosulullah Saw bersabda :
Apabila seorang anak adam membaca ayat sajdah, maka menyingkirlah syaitan sambil menangis dan berkata : " celakalah aku! ia diperintah untuk bersujud lalu sujud, maka untuknyalah syurga, sedang saya diperintah untuk bersujud, tetapi saya menolak, maka untukku adalah neraka"

Hukum Sujud Tilawah 

Para Ulama berpendapat bahwa sujud Tilawah hukumnya Sunnah untuk dilakukan baik oleh mereka yang membacanya maupun yang mendengarkan, hal ini berdasarkan keterangan keterangan yang diriwayatkan oleh Bukhari dan muslim dari Umar, bahwa ia pada hari jumat membaca surah an Nahl diatas mimbar, ketika sampai pada ayat sajdah, ia pun turun dan sujud kemudian orang orang yang lain pun ikut sujud. pada jum'at berikutnya berikutnya ia pun membaca surat itu sekali lagi dan ketika sampai ayat sajdah ia berkata :
"wahai manusia, kita bukanlah diwajibkan untuk sujud tilawah itu, maka barang siapa yang sujud benarlah ia, sedang yang tidak sujud, tidak pula berdosa"

Dalam riwayat lain dari Ibnu Mas'ud bahwa : Nabi saw membaca surah Wan Najmi lalu sujud dan sekalian orangpun sujud pula, hanya ada seorang tua dari suku Quraisy yang tidak ikut sujud, tetapi mengambil segenggam kerikil dan tanah dan diangkatkan ke dahinya sambil berkata "untuk ku cukup begini saja" Abdullah berkata "orang Tua Itu saya lihat pada akhir hayatnya terbunuh dalam keadaan kafir"

Bacaan sujud tilawah / Doa sujud tilawah
Barang siapa yang mengerjakan sujud tilawah, ia boleh berdo'a sekehendaknya. adapun tuntunan dari Rosulullah adalah sebuah hadist dari 'Aisyah :
Rosulullah saw didalam sujud tilawah membaca ayat alquran : "Sujudlah wajahku kepada Allah, dzat yang menciptakan yang membuka pendengaran serta penglihatan dengan daya dan kekuatannya, maka maha mulialah Allah, sebaik baiknya dzat yang mencipta"

Wallahu'alam



0 comments:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates