Friday, October 7, 2011

Ketika sapaan kematian mulai datang

Kematian mengingatkan bahwa hidup hanyalah sementara kejayaan dan kesuksesan kadang menghanyutkan anak adam kepada sebuah khayalan bahwa ia akan hidup selamanya hingga kapan pun. Seolah ia ingin menyatakan kepada dunia bahwa tak satu pun yang mampu memisahkan antara dirinya dengan kenikmatan saat ini.

"Dan barangsiapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada kejadiannya. Maka apakah mereka tidak memikirkan? " Yaasiin : 68

Ketika sapaan kematian mulai datang berupa rambut yang beruban, tenaga yang kian berkurang, wajah yang makin keriput, barulah ia tersadar. Bahwa, segalanya akan berpisah. Dan pemisah kenikmatan itu bernama kematian. Hidup tak jauh dari siklus: awal, berkembang, dan kemudian berakhir. Kematian mengingatkan bahwa hidup begitu berharga Seorang hamba Allah yang mengingat kematian akan senantiasa tersadar bahwa hidup teramat berharga.


Bukan tidak boleh kita mencari harta namun cukup sudah dengan apa yang ada sekarang. jangan dicari lagi apa yang kurang, karena semakin dicari kita akan semakin merasa kurang. hiduplah sederhana dan syukuri apa yang ada. bukan kaya - bukan miskin , bukan pangkat - bukan jabatan, bukan terkenal atau bukan asing. Karena orang yang mulia dihadapan Allah adalah mereka yang bertaqwa.

Hidup tak ubahnya seperti ladang pinjaman. Seorang petani yang cerdas akan memanfaatkan ladang itu dengan menanam tumbuhan yang berharga. Dengan sungguh-sungguh. Petani itu khawatir, ia tidak mendapat apa-apa ketika ladang harus dikembalikan. Mungkin, inilah maksud ungkapan Imam Ghazali ketika menafsirkan surah Al-Qashash ayat 77, “Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) dunia…” dengan menyebut, “Ad-Dun-ya mazra’atul akhirah.” (Dunia adalah ladang buat akhirat) Orang yang mencintai sesuatu takkan melewatkan sedetik pun waktunya untuk mengingat sesuatu itu. Termasuk, ketika kematian menjadi sesuatu yang paling diingat. Dengan memaknai kematian, berarti kita sedang menghargai arti kehidupan.



0 comments:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates