Saturday, February 26, 2011

Percaya kepada Kitab Kitab Allah

Percaya Kepada Kitab Kitab yang telah diturunkan oleh Allah swt kepada para Nabi dan Rosul adalah Rukun Iman yang ketiga dalam agama Islam. sebagai seorang muslim yang percaya dengan sebenar benarnya bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitab kepada para nabi dan rasul untuk membimbing manusia ke jalan yang benar diakhiri dengan kitab Al-Quran.

Kitab-kitab terbahagi dua:

Suhuf - Pedoman yang tidak begitu lengkap mengandungi hanya hukum-hakam dasar yang perlu diterangkan kepada manusia umumnya. Jumlah suhuf 100 buah



* Nabi Allah Shith(a.s) 50 suhuf
* Nabi Allah Idris(a.s) 30 suhuf
* Nabi Allah Ibrahim(a.s) 10 suhuf
* Nabi Allah Musa(a.s) 10 suhuf

Kitab-kitab yang wajib diimani sebagaimana dijelaskan dalam alquran (Qs al baqarah : 136. ) adalah:

* Taurat: diturunkan kepada Nabi Musa a.s.
* Zabur: diturunkan kepada Nabi Daud a.s.
* Injil: diturunkan kepada Nabi Isa a.s.
* Al-Quran: diturunkan kepada Nabi Muhammad s.a.w.


Orang Islam percaya bahwa pada masa kini, kitab-kitab selain Al-Quran telah diubah mengikut kehendak pihak-pihak tertentu; maka ia bukan lagi merupakan naskah-naskah yang sesungguhnya. dan untuk itulah diturunkan Al-Quran untuk menyempurnakan semua kitab-kitab yang terdahulu. serta membenarkan adanya kitab kitab tersebut telah dirubah makna dan kandungan isinya. sebagaimana yang telah dijelaskan dalam Alquran surah Al Maa'idah, Al Baqarah , Yusuf dan surah yang lain. 
Firman Allah Swt Qs Yunus : 
وَمَا كَانَ هَذَا الْقُرْآنُ أَنْ يُفْتَرَى مِنْ دُونِ اللَّهِ وَلَكِنْ تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ الْكِتَابِ لا رَيْبَ فِيهِ مِنْ رَبِّ الْعَالَمِينَ (٣٧
"Tidaklah mungkin Al Quran ini dibuat oleh selain Allah; akan tetapi (Al Quran itu) membenarkan Kitab-Kitab yang sebelumnya dan menjelaskan hukum-hukum yang telah ditetapkannya, tidak ada keraguan di dalamnya, (diturunkan) dari Tuhan semesta alam"



0 comments:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates