Monday, February 28, 2011

Shalat Tahiyatul Masjid

Shalat Tahiyatul Masjid adalah shalat sunnah dua raka'at yang dilakukan ketika seseorang memasuki masjid. maksud dilakukannya tahiyatul masjid adalah mendekatkan diri kepada Allah, bukan kepada masjid, seperti halnya seseorang yang masuk ke rumah orang lain,  hendaknya mengucapkan salam kepada pemilik rumah.


Waktu mengerjakan tahiyatul masjid adalah ketika masuk masjid sebelum duduk. Jika dia sengaja duduk dan menyadarinya, tidak disyari'atkan baginya kembali berdiri untuk mengerjakan shalat tahiyatul masjid karena waktunya telah usai. dan bagi Seseorang yang masuk masjid karena tidak tahu atau lupa langsung duduk sebelum shalat tahiyatul masjid, disyari'atkan baginya berdiri dan melaksanakan dua rakaat tahiyatul masjid, karena bagi yang berudzur waktunya belum berlalu, dengan syarat antara duduk dan shalatnya tidak berselang lama.
Ketika seseorang masuk masjid dan muadzin sedang mengumandangkan adzan, yang disyari'atkan baginya adalah menjawab seruan adzan dan mengakhirkan pelaksanaan tahiyatul masjid agar mendapatkan keutamaan menjawab seruan adzan. Namun jika masuk masjid pada hari jum'at dan adzan khutbah (adzan kedua) telah dimulai, hendaknya melakukan shalat tahiyatul masjid dengan cepat, agar segera dapat mendengarkan khutbah.


Shalat Tahiyatul masjid untuk Masjid al-Haram (Mekkah) adalah towaf menurut kebanyakan ahli fiqih. shalat ini dikerjakan bagi mereka yang hendak melakukan shalat berjama'ah.

Lafadz Niat Shalat Tahiyatul Masjid.
Ushalli Sunnata Tahiyyatul Masjidi Rak'ataini Mustaqbilal Qiblati Lillahi Ta'ala
Dalam Bahasa Indonesia
Saya Niat Shalat Sunnat tahiyatul Masjid dua reka'at dengan menghadap Qiblat karena Allah Ta'ala.

Shalat tahiyatul masjid dikerjakan seperti halnya shalat sunnah pada umumnya. Hadits Rasulullah SAW terkait salat tahiyyatul masjid antara lain :

“Apabila seseorang diantara kamu masuk masjid, maka janganlah hendak duduk sebelum salat dua rakaat lebih dahulu” (H.R. Bukhari dan Muslim)

Wallahu A'lam



0 comments:

Design by The Blogger Templates

Design by The Blogger Templates